15/03/2016

Bertemu Biru di Pantai Popoh, Tulungagung, Jawa Timur

Bermain di Pesisir Samudra Hindia, Pantai Popoh, Tulungagung, Jawa Timur

Merasakan dinginnya air bercampur sentuhan kasar pasir pantai di telapak kaki, merupakan hiburan sekaligus obat penenang yang cukup ampuh setelah berbulan-bulan beraktivitas di ibu kota. Udara sejuk yang juga ditawarkan Pantai Popoh, pesisir Samudra Hindia yang terletak di sebelah selatan Kota Tulungagung, Jawa Timur, menjadi pelengkap sekaligus vitamin alaminya.

Berkunjung ke Tulungagung, Jawa Timur, belum lengkap rasanya jika tidak mampir terlebih dulu ke Pantai Popoh. Belok ke selatan sekitar 30 kilometer dari Kota Tulungagung, kamu akan menemukan hamparan panorama Pegunungan Kidul dengan teluk biru di ujung timurnya. Berbatasan langsung dengan air laut di Samudra Hindia, menjadikan pemandangan di Pantai Popoh semakin terasa eksotis.

Tidak seperti dulu, kini jalanan yang dilewati untuk menuju Pantai Popoh sudah beraspal. Hanya tinggal sedikit saja batu-batu kasar yang tiba-tiba muncul, dan menyebabkan lonjakan serta kejutan pada transportasi roda dua atau empat kamu.

Setibanya di bibir pantai, kamu akan merasakan deburan ombak yang berlarian dan berkejaran. Mereka kemudian seolah menari, mengikuti alunan deru angin yang tidak terlalu memukul, bahkan terasa sejuk dan tidak membuat mata pedih atau rambut berantakan. Angin dan ombak seakan bekerja sama mengajak kakimu untuk bergabung dan bermain bersama.

Kamu juga akan menemukan banyak perahu kayu nelayan yang sedang berlabuh, atau hanya sekadar parkir di tubuh pantai. Sesekali kamu juga akan menemukan para nelayan yang baru saja pulang dari melaut. Penduduk asli sana juga sangat ramah dan bersahabat. Siap-siap disapa dan diajak mengobrol dengan bapak nelayan yang baru saja memarkirkan perahunya, ya.

Waktu terbaik untuk menikmati pantai ini adalah di hari kerja (ayolah, membolos sejenak dari rutinitas kerja yang itu-itu saja). Karena, biasanya kawasan wisata bahari di Pantai Popoh ini akan semakin ramai pengunjung di hari libur dan hari besar nasional. Tak ada salahnya, kan, membolos barang tiga hari untuk menuju dan menikmati keindahan alam Pantai Popoh, guna menenangkan kesemrawutan pikiran dan batin kamu. Bentangan alamnya akan menemani kesendirianmu, kalau kamu sengaja berlibur seorang diri dan menikmati sentuhan alam sendirian. Sore hari adalah waktu yang tepat menikmati kecupan ombak dan angin yang saling bermesra.

Oh iya, jika kamu tiba-tiba merasa haus atau lapar, jangan khawatir, ada banyak warung makanan di sekitar pantai yang siap melayani kebutuhan perutmu. Ada juga toko souvenir, cendera mata dari batu Onyx (marmer) yang selalu menjadi andalan Kota Tulungagung, toko baju kalau kamu butuh berganti pakaian yang basah, pendopo untuk istirahat sejenak dari terik matahari, bahkan tak jarang terlihat ibu-ibu yang menjual ikan asap asli Tulungagung yang sangat khas rasanya.

Selamat membolos! 

*sumber jarak tempuh: www.eastjava.com

No comments:

Post a Comment